Jumlah Lafadz Takbir pada Iqomah

Orang yang mengucapkan takbir [اَللّٰهُ أَكْبَر] di dalam iqomah itu berbeda-beda, ada yang mengucapkan satu kali takbir[اَللّٰهُ أَكْبَر], ada juga yang mengucapkan dua kali takbir [اَللّٰهُ أَكْبَر]. Dan seharusnya yang benar itu yang mana? Apakah yang satu kali takbir atau dua kali? Insyaallah di dalam artikel ini akan dibahas mengenai "Jumlah Mengucapkan Lafadz Takbir [اَللّٰهُ أَكْبَر] di dalam Iqomah".



Dalil-dalil Mengenai Iqomah
1. Dalam hadis riwayat imam hakim, yang diterima dari sahabat abu hurairoh, diterangkan seperti ini:

أَمَرَ رَسُوْلُ اللهِ  أَبَا مَحْذُوْرَةَ أَنْ يَشْفَعَ الأَذَانَ وَيُوْتِرَ الإِقَامَةَ

Artinya : Telah memerintah Rosululloh kepada abi mahdzuroh supaya menggenapkan adzan dan mengganjilkan iqomah.

2. Adapun di dalam riwayat imam dharuqutni diterangkan seperti ini:

وَأَمَرَهُ أَنْ يُقِيْمَ وَاحِدَةً وَاحِدَةً

Artinya : Dan beliau memerintahkan supaya iqomah sekali-sekali .

3. Adapun di dalam riwayat imam abu nu'aim diterangkan bahwasanya lafadz iqomah itu dua kali-dua kali, kecuali lafadz "حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ" dan lafadz حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ juga lafadz لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ  diucapkannya sekali:

وَالإِقَامَةُ مَثْنَى اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ

Artinya : Dan dalam iqomah itu dua kali-dua kali : Allohu akbar- Allohu akbar, Asyhadu alla illaha illalloh-Asyhadu alla illaha illalloh, Asyhadu anna muhammadar rosululloh-Asyhadu anna muhammadar rosululloh, Hayya ‘alas shalah , Hayya ‘alal falah, Qodqomatisshalah-qodqomatisshalah, Allohu akbar-allohu akbar, Lailaha illalloh.

4. Adapun di dalam riwayat imam ibnu hibban dan imam ibnul jarud diterangkan sesungguhnya jumlah lafadz iqomah itu dua kali-dua kali kecuali lafadz takbir[اللهُ أَكْبَرُ] diucapkannya 4 kali :

أَنَّ أَبَا مَحْذُورَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ  عَلَّمَهُ الإِقَامَةَ سَبْعَ عَشَرَةَ كَلِمَةٍ ......  اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ

Artinya : Sesungguhnya abi mahdzuroh telah diberi tahu kepadanya sesungguhnya Rasulullah mengajarkan kepadanya iqomah itu 17 kalimah.....  Allohu akbar-allohu akbar, Allohu akbar-allohu akbar, syhadu alla illaha illalloh-Asyhadu alla illaha illalloh, Asyhadu anna muhammadar rosululloh-Asyhadu anna muhammadar rosululloh, Hayya ‘alas shalah-Hayya ‘alas shalah, Hayya ‘alal falah-Hayya ‘alal falah, Qodqomatisshalah-qodqomatisshalah, Allohu akbar-allohu akbar, Lailaha illalloh.

5. Adapun di dalam riwayat Imam Baihaqqi disebutan sasungguhnya jumlah takbir di dalam iqomah itu dua kali :

عَنْ أَبِي مَحْذُوْرَةَ قَالَ:  وَعَلَّمَنِي النَّبِيُ,  الإِقَامَةَ مَرَّتَيْنِ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أِكْبَرُ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ

Artinya : Diterima dari abi mahdzuroh berkata: Nabi mengajarkan kepada saya, iqomah itu sebanyak dua kali Allohu akbar- Allohu akbar, Asyhadu alla illaha illalloh, Asyhadu anna muhammadar rosululloh, Hayya ‘alas shalah , Hayya ‘alal falah, Qodqomatisshalah-qodqomatisshalah, Allohu akbar-allohu akbar, Lailaha illalloh.

6. Adapun di dalam riwayat Al-jamaah, Baihaqqi, ibnu hibban, ibnu khuzaemah, ibnul jarud, jeung abu awanah diterangkan seperti ini:

عَنْ أَبِيْ قِلاَبَةَ عَنْ أَنَسٍ قَالَ: كَانَتِ الصَّلاَةُ إِذَا حَضَرَتْ عَلَى عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ -صلى الله عليه وسلم- سَعَى رَجُلٌ فِي الطَّرِيْقِ فَنَادَى الصَّلاَةُ الصَّلاَةُ فَاشْتَدَّ ذلِكَ عَلَى النَّاسِ فَقَالُوْا: لَوِ اتَّخَذْنَا نَاقُوْسًا يَا رَسُوْلَ اللهِ فَقَالَ: ذلِكَ لِلنَّصَارَى فَقَالُوْا: لَوِ اتَّخَذْنَا بُوْقًا قَالَ: ذلِكَ لِلْيَهُوْدِ قَالَ فَأُمِرَ بِلاَلٌ أَنْ يَشْفَعَ الأَذَانَ وَيُوْتِرَ الإِقَامَةَ

Artinya : Diterima dari qilabah, dari anas berkata: Dizaman Rasulullah, jika datang waktu shalat seseorang berjalan seraya berseru: ash-sholah ash-sholah. Hal ini terasa berat oleh orang-orang, maka Anas mengusulkan: Bagaimana kalau kita menggunakan lonceng wahai Rasulullah? maka Rasulullah bersabda: lonceng itu untuk kaum nasrani, dan ada juga yang mengusulkan, bagaimana kalau menggunakan terompet? maka Rasulullah bersabda: terompet itu untuk kaum yahudi, Anas berkata : maka bilal diparintah supaya menggenapkan adzan dan mengganjilkan iqomah.

7. Adapun di dalam riwayat imam ibnu khuzaemah diterangkan seperti in:

فَأُمِرَ بِلاَلٌ أَنْ يَشْفَعَ الأَذَانَ وَيُوْتِرَ الإِقَامَةَ إِلاَّ قَوْلَهُ قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ


Artinya: maka bilal diparintah untuk menggenapkan adzan dan mengganjilkan iqomah, kecuali lafadz Qodqomatisshalah-qodqomatisshalah.

8. Adapun di dalam hadis riwayat imam ahmad, abu dawud, nasa'i, ibnu hibban, dan hakim diterangkan seperti ini:

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ : اِنَّمَا كَانَ الاَذَانُ عَلَى عَهْدِ رَسُو لِ اللهِ مَرَّتَيْنِ مَرَّتَيْنِ وَالاِقَامَةُ مَرَّةً مَرَّةً غَيْرَ اَنَّهُ يَقُولُ : قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ وَ كُنَّا اِذَا سَمِعْنَا الاِقَامَةَ نَتَوَضَأُ ثُمَّ خَرَجْنَا اِلَى الصَّلاَةِ .

Artinya: diterima dari sahabat ibnu umar, ia berkata : Sesungguhnya adzan di zaman rosululloh dua kali-dua kali, dan iqomah sekali-sekali. kecuali lafadz Qodqomatisshalah-qodqomatisshalah, dan kami jika mendengar iqomah kami wudhu dan kami shalat.

9. Adapun di dalam riwayat baehaqqi diterangkan :

كَانَ الأَذَانُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللهِ - مَثْنَى مَثْنَى وَالإِقَامَةُ فُرَادًى

Artinya : Keadaan adzan di zaman Rasulullah dua kali-dua kali dan iqomah sekali

10. Adapun di dalam riwayat imam dharuqutni dijelaskan :

عَنْ سَلَمَةَ بْنِ الأَكْوَعِ قَالَ: كَانَ الأَذَانُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللهِ  مَثْنَى مَثْنَى وَالإِقَامَةُ فَرْدًا

Artinya: Dari salamah bin akwa' berkata: adzan di zaman Rasulullah dua kali-dua kali dan iqomah sekali.

11. Adapun di dalam hadits yang diterima dari abi awanah diterangkan :

كَانَ الأَذَانُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللهِ مَثْنَى مَثْنَى وَالإِقَامَةُ مَرَّةً مَرَّةً غَيْرَ أَنَّ الْمُؤَذِنَ إِذَا قَالَ: قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ قَالَ مَرَّتَيْنِ

Artinya: Adzan di zaman Rasulullah dua kali-dua kali dan iqomah sekali-sekali, ketika muadzin mengucapkan kalimah Qodqomatisshalah dua kali.

Melihat keterangan diatas, Imam Al-Bukhori membuat dua bab yang berjudul :
1. Bab Iqomah Sekali Kecuali Lafadz Qodqomatisshalah [باب الإِقَامَةُ وَاحِدَةٌ إِلاَّ قَوْلَهُ قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ]
2. Bab Adzan Dua Kali-Dua Kali [بَابٌ اَلأِذَانُ مَثْنَى مَثْنىَ]

Kesimpulan :
1. Apabila dilihat dari aspek riwayat iqomah dengan lafadz Takbir sakali itu lebih kuat kedudukannya

2. Apabila dilihat daro aspek pengamalan iqomah bisa dilakukan dengan lafadz Takbir  sekali, juga bisa dilakukan dengan lafadz Takbir dua kali

No comments:

Post a Comment